PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P 2015/2016

Novianti, Sri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 409121080 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 409121080 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 409121080 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 409121080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 409121080 ABSTACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 409121080 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 409121080 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 409121080 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 409121080 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 409121080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 409121080 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 409121080 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 409121080 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 409121080 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 409121080 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 409121080 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM 409121080 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 409121080 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 409121080 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 409121080 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 409121080 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 409121080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Penilaian aktivitas siswa menggunakan lembar aktivitas yang dilakukan oleh observer.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,17 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,17. Pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh datsa Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data Fhitung < Ftabel maka dapat dikatakan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah homogen (memiliki varians nilai). Berdasarkan hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh data thitung < ttabel maka Ho diterima, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.
Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,45 dan kelas kontrol 67,49. Pengujian normalitas untuk postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka dapat dikatakan bahwa data kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh data Fhitung < Ftabel , maka dapat dikatakan bahwa data postes homogen atau memiliki varians nilai yang dapat mewakili populasi. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 FIS 114
Keywords: Inkuiri terimbing; Listrik Dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:22
Last Modified: 11 Aug 2016 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item
View Item