Oktavianti, Dini (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131021 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2 NIM 4123131021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
3 NIM 4123131021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4123131021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5 NIM 4123131021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6 NIM 4123131021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 4123131021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4123131021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9 NIM 4123131021 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13 NIM 4123131021 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 NIM 4123131021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan macromedia flash player pada pokok bahasan Hidrolisis Garam siswa SMA kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 36,6 dan nilai post-test adalah 89,3. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 41,9 dan nilai post-test adalah 82,7. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas pretest dan postest terbukti data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 4,09 dan ttabel = 1,567, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan macromedia flash player pada pokok bahasan Hidrolisis Garam di MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 092 |
Keywords: | Problem Based Learning; Macromedia Flash Player; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 03:10 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9692 |