Lesmana, Dedy (2013) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310047 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
608310047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
608310047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
608310047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
608310047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
608310047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
608310047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
608310047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
608310047 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
608310047 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
608310047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gaya mengajar penemuan terbimbing dengan media modifikasi dalam meningkatkan pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas XI-IA1 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini yaitu SMA Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 terdiri dari 6 kelas (4 kelas Ilmu Alam, 2 kelas Ilmu Sosial), Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 264 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA1 sebanyak 46 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberi pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lempar cakram, dilanjutkan dengan siklus I dan post-test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post-test siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan lembar portofolio. Dengan menggunakan media modifikasi pada alat lempar cakram yang dijadikan alternatif terjadi optimalisasi pembelajaran lempar cakram pada pelajaran pendidikan jasmani bagi siswa Kelas XI-IA1 SMA Negeri 3 Binjai yang dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata awal siswa sebesar 73,01 atau nilai ketuntasan hanya 58,7%. Namun setelah dilakukan tindakan modifikasi alat papan cakram pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata berubah dari 51,81, dan 73,01 menjadi 84,06. Berdasarkan jumlah ketuntasan, pada pretest jumlah siswa yang tuntas 17 orang (36,7%), tidak tuntas 29 orang (62,3%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas 27 orang (58,7%), tidak tuntas 19 orang (41,3%). Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas 40 orang (86,9%), tidak tuntas 6 orang (13,1%). Aktivitas hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 36,7%, 58,7% menjadi 86,9%, sehingga peningkatan dari pre-test ke siklus II adalah 50,2%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa terjadi optimalisasi pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing dengan media modifikasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan modifikasi alat papan cakram dapat diterapkan untuk optimalisasi siswa dalam lempar cakram siswa Kelas XI-IA1 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 2 Les o |
Keywords: | pendidikan jasmani; hasil belajar; lempar cakram; optimalisasi pembelajaran; gaya mengajar; penemuan terbimbing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9677 |