Nata, Andika Ferdi (2013) OPTIMALISASI PEMANFAATAN MODIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI GAWANG PADA SISWA KELAS X SMA CERDAS BANGSA DELITUA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112104 Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
608112104 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
608112104 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
608112104 Abstrak.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
608112104 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
608112104 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
608112104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
608112104 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
608112104 BAB I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
608112104 Bab V.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
608112104 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Lari Gawang melalui Optimalisasi Pemanfaatan Modifikasi Menggunakan Media Rintangan pada siswa kelas X SMA Cerdas Bangsa Delitua T.A 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan media rintangan (pre test), lalu dilakukan pembelajaran menggunakan media rintangan yang terdiri dari siklus I dan II berbentuk aplikasi teknik dasar lari Gawang sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media rintangan (pre test) diperoleh 5 siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (80%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 63,16. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media rintangan. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media rintangan di siklus I diperoleh 16 siswa (64%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (36%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 72,96. Kemudian dilaksanakan siklus II setelah refleksi (3) dari siklus II diperoleh 23 siswa (92%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (8%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 80,02. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,06 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 28%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan media rintangan dapat meningkatkan hasil lari Gawang pada siswa kelas X SMA Cerdas Bangsa Delitua T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.426 071 Nat o |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Pembelajaran; Ateltik; Lari Gawang; Media Rentangan; Modifikasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8820 |