Napitupulu, Radima (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136191011 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 8136191011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM. 8136191011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136191011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 8136191011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8136191011 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8136191011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136191011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136191011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
13. NIM. 8136191011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 8136191011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil keterampilan menulis siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dan yang menggunakan strategi ekspositori; (2) perbedaan hasil keterampilan menulis siswa yang memiliki kemampuan kosakata tinggi dengan yang rendah; (3) pengaruh strategi pembelajaran dan penguasaan koskata terhadap keterampilan menulis siswa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Medan. Populasi penelitian berjumlah 44 responden dari hasil pengambilan sampel melalui cluster sampling. Metode penelitian menggunakan Quasi experiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar menulis paragraf eksposisi dan tes kemampuan penguasaan kosakata. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar menulis paragraf eksposisi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dengan hasil belajar menulis paragraf eksposisi pada kelas yang diajar denganstrategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung > Ftabel (6,091 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar menulis paragraf eksposisi siswa yang berkemampuan kosakata tinggi dengan siswa yang berkemampuan kosakata rendah dengan Fhitung > Ftabel (44,259 > 3,96); (3) ada pengaruh antara strategi pembelajaran dan kemampuan kosakata siswa terhadap hasil belajar menulis paragraf eksposisi dengan Fhitung > Ftabel (15,093 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dalam meningkatkan hasil belajar menulis paragraf eksposisi siswa. selain itu perlu ditingkatkan kemampuan kosakata siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Nap p |
Keywords: | Strategi pembelajaran think-talk-write; Penguasaan kosakata; Hasil belajar menulis paragraf eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8490 |