Sitanggang, Raysyah Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MUHAMMADIYAH 4 MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
01. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
03. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
04. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
05. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
06. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
07. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
09. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 BAB I.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
13. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. RAYSYAH PUTRI SITANGGANG NIM 8146181031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Reciprocal lebih teruji dibandingkan dengan model Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis; dan (2) pengaruh model pembelajran Reciprocal lebih teruji dibandingkan dengan dan model Direct Instruction.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiment yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 50 orang siswa dan sebagai sampel seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebanyak 25 orang dengan model pembelajaran Reciprocal dan siswa kelas VII-B sebanyak 25 orang dengan model Direct Instruction.Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar berbentuk uraian berjumlah 9 butir dan memiliki reabilitas 0,374 , dan tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 18 butir dan memiliki reabilitas 0,831. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Samples Test (uji-t) berbantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh model pembelajaran Reciprocal lebih teruji dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut berdasarkan perolehan skor thitung 2,892 lebih besar dari skor ttabel 2,060; dan (2) Pengaruh model pembelajaran Reciprocal lebih teruji dibandingkan dengan model Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut berdasarkan perolehan skor thitung 2,944 lebih besar dari skor ttabel 2,060.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit p |
Keywords: | Model pembelajaran reciprocal; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8488 |