Ritonga, Abdus Syakir (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN, MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131001 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4123131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM 4123131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM 4123131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 4123131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4123131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4123131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4123131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4123131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM 4123131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4123131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) Simson Tarigan, model inkuiri terbimbing dan model direct instruction pada pokok bahasan hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian rancangan acak lengkap (RAL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1 Gebang T.A 2015/2016. Sampel dipilih secara cluster random sampling dari 4 kelas XI MIA yang ada di SMA Negeri 1 Gebang terpilih 3 kelas yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen II dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen III. Sampel penelitian kelas eksperimen I II dan III masing-masing berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang telah di uji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, distruktor. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) Simson Tarigan, kelas eksperimen II diberikan perlakukan dengan model Inkuri Terbimbing dan kelas eksperimen III diberikan perlakuan dengan model inkuiri terbimbing. Hasil belajar pada penelitian ini adalah kognitif,psikomotorik dan afektif. Pada aspek kognitif dan psikomotorik terlihat bahwa terjadi peningkatan disetiap pertemuannya baik dikelas eksperimen I II dan III. Data hasil belajar yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji anova satu jalur. Hasil uji annova diperoleh Fhitung = 6,7738 dan Ftabel = 3,13. Karena Fhitung > Ftabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) Simson Tarigan, model inkuiri terbimbing dan model direct instruction pada pokok bahasan hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 043 |
Keywords: | Model Inkuri Terbimbing; Model Direct Instruction; Hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:19 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8472 |