Ningrum, Diah Ayu (2016) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MEDIA KARTU SOAL DAN FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA PENGAJARAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 4123131015 Sampul Skripsi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. Nim 4123131015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
3. Nim 4123131015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. Nim 4123131015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. Nim 4123131015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. Nim 4123131015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. Nim 4123131015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. Nim 4123131015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. Nim 4123131015 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. Nim 4123131015 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. Nim 4123131015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
berbasis masalah (PBL) dengan perbedaan media yaitu menggunakan media flash
player dan media kartu soal terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas X
SMA N 16 Medan pada pokok bahasan redoks. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas.
Sampel penelitian secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas
eksperimen 1 yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media flash player
dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan PBL menggunakan media kartu
soal. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang
telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Kemudian
untuk kerjasama siswa menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini dianalisis dengan uji gain, uji t dua pihak dan uji korelasi.
Hasil uji gain dan t-test untuk peningkatan hasil belajar siswa yaitu kelas
eksperimen 1 rata-rata gain 0,71 dan terjadi peningkatan sebesar 71% dan kelas
eksperimen 2 rata-rata gain 0,63 dan terjadi peningkatan sebesar 63%. Rata-rata
kerjasama siswa diperoleh pada eksperimen 1 sebesar 68,52 dan eksperimen 2
sebesar 64,20. Untuk uji korelasi dengan PBL dengan media flash player
(eksperimen 1) diperoleh rhitung > rtabel (0,71 < 0,329) dan uji korelasi dengan
model PBL dengan media kartu soal (eksperimen 2) diperoleh rhitung > rtabel (0,65 <
0,329) dan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,3 > 1,99) dan uji
t-test untuk kerjasama siswa diperoleh harga thitung > ttabel (2,23 > 1,99).
Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) ada
peningkatan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media
flash player dengan model PBL dengan media kartu soal, 2) ada korelasi yang
signifikan antara hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan
model PBL dengan media flash player, 3) ada korelasi yang signifikan antara
hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan
media kartu soal, 4) ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan model PBL
dengan media flash player dan media kartu soal, 5) ada perbedaan kerjasama yang
diajarkan model PBL dengan media flash player dan media kartu soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 085 |
Keywords: | Model PBL; Media Flash Player; Media Kartu Soal; Hasil Belajar Dan Kerjasama. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 04:04 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8460 |