Rahmi, Siti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131028 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4122131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM. 4122131028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 4122131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 4122131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 4122131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 4122131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4122131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4122131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
10. NIM. 4122131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM. 4122131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM. 4122131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan virtual IrYdium Chemlab pada materi titrasi asam-basa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model PBL menggunakan virtual IrYdium chemlab dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan virtual IrYdium chemlab. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan virtual IrYdium Chemlab pada materi titrasi asam-basa. Hal ini dilihat dari harga thitung < - ttabel (-2,578 < - 2,0021).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 072 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model PBL; Model Inkuiri Terbimbing; Media Virtual IrYdium Chemlab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 04:00 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8458 |