PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X

Khairatunnisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123331023 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123331023 JUDUL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123331023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123331023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123331023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123331023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123331023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123331023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123331023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123331023 BAB I.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4123331023 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4123331023 BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa dikelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL menggunakan media handout sedangkan siswa di kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan media handout. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soalnya. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar dianalisis dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 42,08, rata-rata nilai postest adalah 73,33, dan rata-rata nilai peningkatan hasil belajar sebesar 0,54. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 31,25, rata-rata nilai postest adalah 58,75, dan rata-rata nilai peningkatan hasil belajar 0,40. Hasil uji normalitas data peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data peningkatan hasil belajar pada kedua sampel homogen. Hasil uji t data peningkatan hasil belajar diperoleh thitung = 3,5791 dan ttabel = 1,668 sehingga rhitung > rtabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Persen peningkatan hasil belajar dikelas eksperimen sebesar 54,10% lebih tinggi daripada dikelas kontrol 40,00%. Selanjutnya rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,36 dan pada kelas kontrol sebesar 71,32. Pada uji normalitas data aktivitas untuk kedua sampel berdistribusi normal dan untuk uji homogenitas kedua sampel adalah homogen. Hasil uji t data aktivitas diperoleh thitumg = 5,792 dan ttabel =1,668 sehingga rhitung > rtabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media handout.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 089
Keywords: Media Pembelajaran; Reaksi redoks; bilangan Oksigen
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:44
Last Modified: 09 Aug 2016 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item
View Item