Sari, Suci Perwita (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD MUHAMMADIYAH 02 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. SUCI PERWITA SARI NIM.8146181038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 BAB I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model discovery learning dengan model pembelajaran pembelajaran langsung (direct instruction ), (2) pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan interpersonal rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes essay dan angket kecerdasan intepersonal. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model discovery learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dengan model direct istruction, kecerdasan interpersonal tinggi siswa berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal rendah siswa, serta terdapat interaksi antara model discovery learning dan kecerdasan intepersonal dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.85 Sar p |
Keywords: | Hasil belajar IPA; Kecerdasan interpersonal; Model discovery learning; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8451 |