Barus, Novitasari Br (2016) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141069_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4123141069_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 4123141069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 4123141069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4123141069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4123141069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4123141069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4123141069_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4123141069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 4123141069_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 4123141069_BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
15. NIM. 4123141069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 360 siswa. Metode pengambilan sampel penelitian diambil secara random samping (acak) yakni kelas X PMS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X PMS 4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakukan yang berbeda yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 61,71 dengan standar deviasi 9,11 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 61,83 dengan standar deviasi 9,96. Pada analisis pengujian data pretes kedua kelas diperoleh hasil bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen (seragam). Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen dengan aspek movement (guru berpindah-pindah tempat), seating arrangement (formasi huruf U) dan mantaining before problem diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 76,11 dengan standar deviasi 9,23 dan kelas kontrol dengan aspek movement (guru duduk dan berdiri ditempat), seating arrangement (formasi konvensional) dan maintaining after problem diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 70,28 dengan standar deviasi 8,58.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh nilai thitung = 2,93 dan ttabel = 1,99 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (2,93 > 1,99) maka H0 ditolak sekaligus menerima Ha yakni ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 124 |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Movement; Seating Arrangement; Mantaining Discipline; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:55 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8422 |