Sianturi, Advend Sri Rizky (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DENGAN MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141003 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4123141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 4123141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 4123141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4123141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM. 4123141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 4123141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
8. NIM. 4123141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4123141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
13. NIM. 4123141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4123141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar dan keterampilan proses
siswa pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 3
Medan. Penelitian menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 (Kelas
Non unggulan) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 (kelas unggulan)
sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas terdiri dari 42 orang.Pada
kelas kontrol diajarkan dengan Model pembelajaran tidak berbasis Multiple
Intelligences dengan langkah-langkah: Guru menjelaskan, siswa berdiskusi,
kemudian presentasi kelompok, dan melakukan praktikum Uji urine dan Tes Gula
darah, sedangkan untuk kelas eksperimen diajarkan dengan Model pembelajaran
berbasis Multiple Intelligences dengan langkah-langkah: Guru menjelaskan,
kemudian bermain Games Siapa Saya, Diskusi kelompok, Presentasi kelompok,
melakukan Parodi lagu dan kemudian melakukan praktikum Uji urine dan Tes
Gula Darah. Dari hasil perlakuan di dapat hasi bahwa untuk hasil belajar siswa di
kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,04 sedangkan untuk kelas eksperimen
mendapat hasil 76,47 terdapat perbedaan sebesar 2,57, artinya tidak ada pengaruh
yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Model
Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Untuk keterampilan proses siswa,
persentase nilai rata-rata ketercapaian kelas eksperimen saat presentasi sebesar
72,01% dan praktikum mencapai 87,87% didukung dengan saat bermain Games
siapa saya mencapai 73,38%,dan parodi lagu mencapai sebesar 82,73%,
sedangkan untuk kelas kontrol keterampilan proses siswa saat presentasi mencapai
69,43% dan saat praktikum mencapai 84,69%. Hasil penelitian membuktikan
bahwa, ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Model pembelajaran
berbasis Multiple Intelligences terhadap keterampilan proses siswa saat proses
pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 086 |
Keywords: | Multiple Inteligences; Hasil Belajar; Keterampilan Proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8416 |