Siregar, Wirdah Aulia (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141030 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4121141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 4121141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 4121141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 4121141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4121141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 4121141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4121141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4121141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 4121141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 4121141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri dan
kecerdasan emosional siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016 dan bagaimana hubungan konsep diri dan kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X IPA MAN 2 Model
Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA
MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 344 orang.
Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, dimana sampel berjumlah 43
orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif, dengan angket (kuesioner) sebanyak 34 butir angket konsep diri
sedangkan 35 butir angket kecerdasan emosional sebagai alat pengumpul data
penelitian dan tiga kali nilai ulangan biologi yang didapat dari guru bidang studi
biologi. Dari hasil pengolahan data konsep diri siswa dikategorikan cenderung
cukup yaitu pada batasan rentangan 102–109 sebanyak 17 siswa (39,53%) dan
kecerdasan emosional siswa juga dikategorikan cenderung cukup dengan batasan
rentangan 93–104 sebanyak 20 siswa (46,51%). Dari uji persyaratan data
diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan namun positif antara
konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa,
sekalipun ada korelasi tetapi tergolong rendah yang ditunjukkan melalui
persentase koefisien korelasi dimana persentase kontribusi sebesar 3,24% untuk
konsep diri, 3,61% untuk kecerdasan emosional, dan 4,41% untuk konsep diri dan
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 080 |
Keywords: | Konsep Diri; Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8337 |