Hasibuan, Nailul Himmi (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172050. Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8146172050. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM. 8146172050. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8146172050. KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 8146172050. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 8146172050. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 8146172050. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8146172050. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 8146172050. BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 8146172050. BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 8146172050. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. (2) Interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (3) Perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. (4) Interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap self efficacy siswa. (5) Deksripsi proses penyelesaian jawaban siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 1 Medan. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 (41 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan geogebra dan kelas XI IPA 4 (43 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self eficacy. Analisis yang dilakukan menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.000). (2) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (signifikan 0.313). (3) Terdapat perbedaan signifikan terhadap self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.007) (4) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap self efficacy siswa (signifikan 0.831). (5) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra lebih baik dibandingkan dengan Autograph.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Has p |
Keywords: | Berpikir kritis; Self efficacy; Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Autograph |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 02:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8212 |