PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN

Hasibuan, Nailul Himmi (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146172050. Cover Tesis.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146172050. Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146172050. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146172050. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146172050. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146172050. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146172050. KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146172050. KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146172050. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146172050. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146172050. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146172050. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146172050. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146172050. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146172050. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146172050. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146172050. BAB  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146172050. BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146172050. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146172050. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146172050. DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146172050. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. (2) Interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (3) Perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. (4) Interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap self efficacy siswa. (5) Deksripsi proses penyelesaian jawaban siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 1 Medan. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 (41 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan geogebra dan kelas XI IPA 4 (43 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self eficacy. Analisis yang dilakukan menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.000). (2) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (signifikan 0.313). (3) Terdapat perbedaan signifikan terhadap self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.007) (4) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap self efficacy siswa (signifikan 0.831). (5) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra lebih baik dibandingkan dengan Autograph.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Has p
Keywords: Berpikir kritis; Self efficacy; Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Autograph
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:54
Last Modified: 01 Aug 2016 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8212

Actions (login required)

View Item
View Item