Masytati, Sri Efi (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.
1. 8096171019 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 8096171019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. 8096171019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. 8096171019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. 8096171019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8096171019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8096171019 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. 8096171019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
12. 8096171019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. 8096171019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), duakelas yang terpilih adalah kelasXI IPS-2 SMA Negeri 1 PercutSei Tuan Kabupaten Deli Serdang sebagai kelas eksperimen1 dan kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sebagai kelas eksperimen2, kelas eksperimen1 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kelas eksperimen2 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisienr_11=0,835 untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan r_11=0,84 untuk tes kemampuan komunikasi matematik. Analisa data dilakukandenganuji t danmanova.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan sig P = 0,03 <α = 0,05, dan(3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan sig P = 0,03 <α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini maka para guru matematika disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mas p |
Keywords: | Kooperatif tipe STAD; Kooperatif tipe jigsaw; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan komunikasi matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8211 |