PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Masytati, Sri Efi (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8096171019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8096171019 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8096171019 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8096171019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8096171019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8096171019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8096171019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8096171019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8096171019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8096171019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8096171019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 8096171019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8096171019 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 8096171019 TABLES.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8096171019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8096171019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8096171019 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
12. 8096171019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8096171019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8096171019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), duakelas yang terpilih adalah kelasXI IPS-2 SMA Negeri 1 PercutSei Tuan Kabupaten Deli Serdang sebagai kelas eksperimen1 dan kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sebagai kelas eksperimen2, kelas eksperimen1 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kelas eksperimen2 diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisienr_11=0,835 untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan r_11=0,84 untuk tes kemampuan komunikasi matematik. Analisa data dilakukandenganuji t danmanova.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan sig P = 0,03 <α = 0,05, dan(3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan sig P = 0,03 <α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini maka para guru matematika disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Mas p
Keywords: Kooperatif tipe STAD; Kooperatif tipe jigsaw; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:58
Last Modified: 29 Jul 2016 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item
View Item