PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MTSN ULUMUL QUR’AN LANGSA

Farahiya, Cut Izzah (2015) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MTSN ULUMUL QUR’AN LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTRA PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan melalui model PBL dengan siswa yang menggunakan model RME, (2) perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui model PBL dengan siswa yang menggunakan model RME, (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan model PBL dan siswa yang diajarkan melalui model RME; dan 4) respon siswa terhadap penerapan model PBL dan model RME. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), dua kelas yang terpilih adalah kelas VIII-2 MTsN Ulumul Qura’an Langsa sebagai kelas eksperimen1 dan kelas VIII-5 MTsN Ulumul Qura’an Langsa sebagai kelas eksperimen2, kelas eksperimen1 diberi perlakuan pembelajaran problem based learning, kelas ekseperimen2 diberi perlakuan pembelajaran realistic mathematics education. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisa data dilakukan dengan ANAVA dan secara deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran model problem based learning (PBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran realistic education mathematics (RME), (2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap disposisi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran model problem based learning (PBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran realistic education mathematics (RME), (3) Pada pengamatan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran problem based learning (PBL) kategori aktivitas siswa sudah memenuhi kriteria persentase waktu ideal, demikian juga pada kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran realistic mathematics education (RME) telah memenuhi kriteria persentase waktu ideal aktivitas siswa; dan 4) Hasil respon siswa terhadap model problem based learning (PBL) menunjukkan respon yang positif dengan perolehan rerata total sebesar 90,4%, demikian juga halnya dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan realistic mathematics education (RME) menunjukan adanya respon positif terhadap proses pembelajaran yang diberikan dengan perolehan rerata total sebesar 93,34%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Far p
Keywords: Problem based learning (PBL); Realistic mathematics education (RME); Kemampuan komunikasi matematis; Disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:48
Last Modified: 29 Jul 2016 09:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item
View Item