Farahiya, Cut Izzah (2015) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MTSN ULUMUL QUR’AN LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan melalui model PBL dengan siswa yang menggunakan model RME, (2) perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui model PBL dengan siswa yang menggunakan model RME, (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan model PBL dan siswa yang diajarkan melalui model RME; dan 4) respon siswa terhadap penerapan model PBL dan model RME. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), dua kelas yang terpilih adalah kelas VIII-2 MTsN Ulumul Qura’an Langsa sebagai kelas eksperimen1 dan kelas VIII-5 MTsN Ulumul Qura’an Langsa sebagai kelas eksperimen2, kelas eksperimen1 diberi perlakuan pembelajaran problem based learning, kelas ekseperimen2 diberi perlakuan pembelajaran realistic mathematics education. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisa data dilakukan dengan ANAVA dan secara deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran model problem based learning (PBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran realistic education mathematics (RME), (2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap disposisi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran model problem based learning (PBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran realistic education mathematics (RME), (3) Pada pengamatan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran problem based learning (PBL) kategori aktivitas siswa sudah memenuhi kriteria persentase waktu ideal, demikian juga pada kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran realistic mathematics education (RME) telah memenuhi kriteria persentase waktu ideal aktivitas siswa; dan 4) Hasil respon siswa terhadap model problem based learning (PBL) menunjukkan respon yang positif dengan perolehan rerata total sebesar 90,4%, demikian juga halnya dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan realistic mathematics education (RME) menunjukan adanya respon positif terhadap proses pembelajaran yang diberikan dengan perolehan rerata total sebesar 93,34%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Far p |
Keywords: | Problem based learning (PBL); Realistic mathematics education (RME); Kemampuan komunikasi matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8209 |