PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN

Suhartini, Iin (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146172028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146172028 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146172028 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8146172028 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146172028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146172028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8148172028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8148172028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146172028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8146172028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8146172028 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. 8146172028 TABLE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146172028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8146172028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146172028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8146172028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8146172028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8146172028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146172028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8146172028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah pembelajaran kontekstual berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) Mengetahui apakah pembelajaran kontekstual berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahussalam Medan dan sampelnya adalah: siswa kelas VII-1 MTs Miftahussalam Medan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII-2 MTs Miftahussalam Medan sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes awal kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan skala kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan Anacova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kontekstual berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran konvensonal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pembelajaran kontekstual berpengaruh lebih signifkan dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Suh p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran konvensional; Kemampuan pemecahan masalah matematiks; Kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:29
Last Modified: 29 Jul 2016 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item
View Item