Syahrianita (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDE NOTE-TAKING DI KELAS V SDN 173512 HUTARI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811148 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109811148 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
109811148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
109811148 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
109811148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109811148 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109811148 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
109811148 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109811148 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109811148 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
109811148 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109811148 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
109811148 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran guide note-taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn pokok bahasan NKRI di kelas V SD Negeri 173512 Hutari?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn dengan strategi pembelajaran guide note-taking pada pokok bahasan NKRI.Subjek dilakukan terhadap seluruh siswa kelas V SD Negeri 173512 Hutari yang berjumlah 17 orang dengan menggunakan strategi guide note-taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn pokok bahasan NKRI.Berdasarkan penelitian dilaksanakan diperoleh tes awal nilai rata-rata hasil belajar siswa 36,76. Pada tes awal ini tidak ada yang mengalami ketuntasan. Pada siklus I peningfkatan nilai siswqa secara klasikal diketahui bahwa nilai rata-rata belajar 57,05. Siswa tuntas sebanyak 7 orang siswa dengan demikian dapat diketahui persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 41,17% dan persentase belum tuntas 10 .orang (58,83%). Ini menunjukkan adanaya selisih persentase ketuntasan belajar siswa tes awal dengan siklus I adalah 40%. Siklus II jumlah siswa yang tuntas 14 orang (82,36%) dan yang belum tuntas 3 orang (17,64%). Dengan nilai rata-rata 80,00. Dan menunjukkan adanya selisih persentase ketuntasan belajar siswa antara siklus I dan siklus II adalah 40%. Kategori peningkatan secara klasikal baik. Dari hasil penelitian tindakan, mengalami peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui strtegi pembelajaran guide note-taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn pokok bahasan NKRI di kelas V SD Negeri 173512 Hutari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sya u |
Keywords: | Hakekat Belajar; Hasil Belajar; Guide Not-Taking; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran PKN; Wilayah; Kekayaan Tanah Air Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7873 |