Sinaga, Elisabeth (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA STRES DALAM MENGHADAPI UJIAN SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351010 Cover.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
109351010 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109351010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
109351010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109351010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109351010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109351010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109351010 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
109351010 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
109351010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian siswa kelas VIII2 di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan?. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian siswa kelas VIII2 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan pertengahan Juli sampai dengan pertengahan September 2013. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Jalan Cucakrawa II No. 03 Perumnas Mandala Medan Kabupaten Deli Serdang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VIII2 yang berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang kurang mampu mengelola stres dalam menghadapi ujiannya dan ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian. Angket uji coba kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian sebanyak 40 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII1 yang berjumlah 29 siswa. Angket kemampuan mengelola stres yang valid sebanyak 27 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian yang rendah dengan pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata Pre-test = 60,3 dan Standard Deviasi (SD) = 3,33 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 96,5 dan Standard Deviasi (SD) = 6,28 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan mengelola stres dalam menghadapi ujian siswa dapat mengubah kemampuan mengelola stres yang lebih baik. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = N-10 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,83, maka thitung > ttabel = (19,94 >1,83) tersebut dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak dapat dinyatakan bahwa Ada pengaruh yang signifikan Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Mengelola Stres Dalam Menghadapi Ujian Siswa Kelas VIII2 Di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sin p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Model Kelompok; Diskusi Kelompok; Gejala Stress; Cara Mengelola Stres |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7752 |