SIMATUPANG, ANITA SYAPUTRI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUANKOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK BTENTANG KONSEP PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113008 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
109113008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
109113008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109113008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
109113008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113008 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
109113008 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109113008 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan media gambardapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini kelompok B tentang konseppenjumlahan di TK Assisi Medan T A 2012 2013 Adapun tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anaktentang konsep penjumlahanJenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) danterdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaantindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian adalah anak kelas B3 yang berjumlah 20orang Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi TeknikAnalisis data menggunakan rumus Pi f n 100Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 6 orang 30 anak yangtergolong kuran 10 orang 50 anak yang tergolong cukup dan 4 orang 20 anak yangtergolong baik Dari data hasil observasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaranmelalui media gambar yang lebih baik pada siklus II Dari hasil analisis siklus II diperolehhasil bahwa kemampuan kognitif anak tentang konsep penjumlahan meningkat yaitu bahwajumlah anak yang kemampuan kognitif tentang konsep penjumlahannya tergolong baik sekalibertambah menjadi 8 orang 40 anak yang tergolong baik bertambah menjadi 10 orang50 dan anak yang tergolong cukup menjadi 2 orang 10Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa media gambardapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B tentang konseppenjumlahan di TK Assisi Medan Tahun Ajaran 2012 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374 26 /Sim/u |
Keywords: | Kemampuan keriatif ; Konsep penjumlahan ; Media gambar ; Kelebihan dan kelemahan anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7438 |