Lubis, Nurul Rizky (2013) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101768 TEMBUNG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311076 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
109311076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109311076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
109311076 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109311076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109311076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311076 BAB I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
109311076 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109311076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode RolePlaying, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas IV SDN 101768 TembungTahun Ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan denganmenggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dansiklus II.Setiaap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahtes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkanobservasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standarketuntasan belajarnya adalah 65. Apabila nilai siswa kuran dari 65, maka siswa dikatakanbelum tuntas .Pada saat dilaksanakan Siklus I dapat diketahui bahwa dari 23 siswa orang siswasebanyak 9 orang siswa (39,13%) yang mendapat hasil belajar tidak tuntas dan sebanyak 14orang siswa (60,87%) yang masuk dalam kategori tuntas dengan rata-rata kelas sebesar63,48. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajarsiswa. Berdasarkan tes Siklus II dapat diketahui sebanyak 2 orang siswa (8,70%) yang belumtuntas dalam belajar dan sebanyak 21 orang siswa (91,30%) yang tuntas dalam belajar dengannilai rata-rata kelas sebesar 79,57. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada Siklus IIdiperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan Siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 101768 Tembung T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Lub p |
Keywords: | Hasil belajar; Penilaian kognitif; Penilaian efektif; Psikomotorik; Metode; Role playing; IPS; Sosial. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7322 |