Nababan, Siti Aminah (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171048 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 8136171048 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. 8136171048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. 8136171048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. 8136171048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8136171048 TABLES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. 8136171048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. 8136171048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
12. 8136171048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. 8136171048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMP; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMP dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3) respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMP; 4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas VII-3 dan kelas VII-1. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 4) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nab p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Kemampuan berpikir kritis; Kemampuan komunikasi matematis; Model 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:36 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6978 |