PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)

Yunita (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172094 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172094 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172094 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172094 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172094 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172094 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172094 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172094 PREFACE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172094 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172094 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172094 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172094 TABLES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172094 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172094 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172094 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172094 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172094 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172094 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) Mengetahui terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses penyelesaian masalah berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan yang berjumlah 150 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksin cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (6) Proses penyelesaian masalah komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Yun p
Keywords: Hasil belajar matematika; Berpikir kritis; Pembelajaran biasa; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:26
Last Modified: 28 Jul 2016 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item
View Item