Yunita (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM). Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172094 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. 8136172094 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. 8136172094 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. 8136172094 PREFACE.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. 8136172094 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 8136172094 TABLES.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. 8136172094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. 8136172094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
12. 8136172094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. 8136172094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) Mengetahui terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses penyelesaian masalah berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan yang berjumlah 150 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksin cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (6) Proses penyelesaian masalah komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Yun p |
Keywords: | Hasil belajar matematika; Berpikir kritis; Pembelajaran biasa; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:26 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6975 |