Ginting, Siti Sunarti (2019) Hubungan Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Binaan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5142122004 COVER.pdf
Download (138kB)
2. NIM. 5142122004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (358kB)
3. NIM. 5142122004 ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
4. NIM. 5142122004 PREFACE.pdf
Download (194kB)
5. NIM. 5142122004 TABEL OF CONTENT (2).pdf
Download (212kB)
6. NIM. 5142122004 TABLES.pdf
Download (130kB)
7. NIM. 5142122004 ILUSTRATION.pdf
Download (178kB)
8. NIM. 5142122004 APPENDICES.pdf
Download (177kB)
9. NIM. 5142122004 CHAPTER I.pdf
Download (518kB)
10. NIM. 5142122004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (920kB)
11. NIM. 5142122004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (770kB)
12. NIM. 5142122004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
13. NIM. 5142122004 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
14. NIM. 5142122004BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (217kB)
15. NIM. 5142122004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 55 orang siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel Krajcei dan Morgan, yaitu sebanyak 48 orang. Data variabel minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan hasil belajr Pekerjaan Dasar Otomotif diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket minat masuk pendidikan kejuruan dari 30 butir yang tidak valid ada 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,913 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 6 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 24 butir angket dengan reliabilitas 0,889 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,822. Begitu juga dengan korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif menunjukkan korelasi yang berarti dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,503 dimana pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden sebanyak 48 orang, rtabel = 0,284. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif ry1,2 sebesar 0,793. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif ry2,1 sebesar 0,382. Hasil korelasi regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,850 sementara itu diperoleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,723 yang berarti bahwa 72,3% hasil belajar Pekerjaan Dasar Otomotif dapat dipengaruhi oleh minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Minat; Kecerdasan; Emosional; Hasil Belajar dan; Pekerjaan Dasar Otomotif |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65725 |
