Gultom, Duma Angelika (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
2183111054_Cover.pdf
Download (51kB)
2183111054_Abstrak.pdf
Download (65kB)
2183111054_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
2183111054_Daftar_Isi.pdf
Download (266kB)
2183111054_Daftar_Tabel.pdf
Download (149kB)
2183111054_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
2183111054_Daftar_Lampiran.pdf
Download (258kB)
2183111054_BAB_I.pdf
Download (354kB)
2183111054_BAB_II.pdf
Download (650kB)
2183111054_BAB_III.pdf
Download (737kB)
2183111054_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (731kB)
2183111054_BAB_V.pdf
Download (118kB)
2183111054_Daftar_Pustaka.pdf
Download (145kB)
2183111054_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis proses pengembangan modul sebagai bahan ajar pada materi teks laporan hasil observasi berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Deli dan 2) menganalisis kelayakan modul sebagai bahan ajar yang dikembangkan pada materi teks laporan hasil observasi berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu metode R & D oleh Borg dan Gall, dimodifikasi menjadi 9 tahap pengembangan yakni: analisis kebutuhan dan masalah, perencanaan pengembangan produk, pengujian internal desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba lapangan umum, revisi produk, pengujian lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi ini divalidasi oleh dua validator ahli, yakni validator materi dan validator desain. Penilaian pertama diberikan oleh validator materi dengan skor 94,68% masuk dalam kriteria sangat baik dan penilaian selanjutnya diberikan oleh validator desain dengan skor 95,33% masuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan dua penilaian tersebut diperoleh persentase penilaian rata-rata sebesar 95,01% masuk dalam kriteria sangat baik, berlandaskan dua penilaian tersebut mengenai kelayakan bahan ajar teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMAN 1 Labuhan Deli ini memiliki kualitas layak digunakan dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar dengan kategori sangat layak (valid).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengembangan bahan ajar; teks laporan hasil observasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 03:11 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65582 |
