Pulungan, Habsyah Nurjannah (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN–PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2013–2016. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7133220028 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM. 7133220028 APPROVAL SHEET.pdf
Download (433kB)
3. NIM. 7133220028 ABSTRACT.pdf
Download (108kB)
4. NIM. 7133220028 PREFACE.pdf
Download (186kB)
5. NIM. 7133220028 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (119kB)
6. NIM. 7133220028 TABLES.pdf
Download (105kB)
7. NIM. 7133220028 ILLUSTRATION.pdf
Download (77kB)
8. NIM. 7133220028 APPENDICES.pdf
Download (76kB)
9. NIM. 7133220028 CHAPTER I.pdf
Download (478kB)
10. NIM. 7133220028 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 7133220028 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (574kB)
12. NIM. 7133220028 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 7133220028 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
14. NIM. 7133220028 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (215kB)
15. NIM. 7133220028 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi Islamic Social Reporting perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index tahun 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan untuk tahun 2013-2016 menjadi 100 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Analisis data dengan melakukan uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis yang dibantu dengan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel profitabilitas, tipe industri, dan umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Islamic Social Reporting. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat profitabilitas dan semakin tua umur perusahaan maka semakin banyak indeks ISR yang diungkapkan perusahaan, begitu juga dengan tipe industri perusahaan manufaktur lebih banyak mengungkapkan ISR daripada industri non manufaktur. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting, yang berarti bahwa besar kecilnya perusahaan tidak menentukan besarnya pengungkapan ISR. Ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe industri, umur perusahaan dan Islamic Social Reporting berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi pasar. Hal ini dapat diartikan bahwa besarnya informasi yang dilakukan perusahaan dalam laporan tahunan berkaitan dengan Islamic Social Reporting akan mempengaruhi besarnya reaksi investor dalam pengambilan keputusan investasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Industri, Umur Perusahaan, Islamic Social Reporting, Reaksi Pasar |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB522 Income. Factor shares > HB601 Profit H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry > HD2340 Small and medium-sized businesses, artisans, handicrafts, trades |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:38 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65526 |
