Simanullang, Manogu Mitra P TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DI DESA JUMANTUANG KECAMATAN SIEMPAT NEMPU KABUPATEN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3142111012 COVER.pdf
Download (37kB)
2. NIM 3142111012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (565kB)
3. NIM 3142111012 ABSTRACT.pdf
Download (230kB)
4. NIM 3142111012 ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (238kB)
5. NIM 3142111012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (169kB)
6. NIM 3142111012 LIST OF FIGURES.pdf
Download (111kB)
7. NIM 3142111012 LIST OF TABLE.pdf
Download (111kB)
8. NIM 3142111012 CHAPTER I.pdf
Download (315kB)
9. NIM 3142111012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (868kB)
10. NIM 3142111012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (343kB)
11. NIM 3142111011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 3142111012 CHAPTER V.pdf
Download (167kB)
13. NIM 3142111012 BLIBIOGRAPHI.pdf
Download (213kB)
14. NIM 3142111012 ENCLOUSURE.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tata Kelola Pemerintahan Desa Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Di Desa Jumantuang Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi. Tata kelola pemerintahan desa merupakan salah satu bagian dalam mewujudkan pelayanan prima yang dilakukan aparat pemerintah desa. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kualitatif dan menganalisis data yang telah diperoleh dari hasil obeservasi dan wawancara terkait tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan pelayanan prima. Data – data naratif yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, diinterpretasikan untuk selanjutnya dianalisis. Jadi dalam penelitian kualitatif analisis data harus dimulai sejak awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan pelayanan prima di Desa Jumantuang telah berjalan dengan baik. Pemerintah Desa Jumantuang sebagai pelayan masyarakat telah melayani masyarakat dengan baik dan mengacu pada empat karakteristik dari pelayanan prima yaitu dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat, terbuka, sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat, dan menerapkan sikap keakraban pada masyarakat di Desa Jumantuang. Dengan begitu pelayanan dimasyarakat sudah dapat dikatakan lebih baik dari sebelumnya. Harapannya antara pemerintah dengan masyarakat dapat menjalin kerja sama yang baik dalam mensukseskan kegiatan pelayanan di lingkungan pemerintahan Desa Jumantuang
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Tata Kelola dan Pelayanan Prima |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:26 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65459 |
