Kristiani, Eloninta (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EHANDOUT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183311053 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183311053 COVER.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183311053 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183311053 APPROVAL SHEET.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183311053 ABSTACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183311053 ABSTACT.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4183311053 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4183311053 PREFACE.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4183311053 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4183311053 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4183311053 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4183311053 ILLUSTRATION.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4183311053 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4183311053 TABLES.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4183311053 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4183311053 APPENDICES.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4183311053 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4183311053 CHAPTER I.pdf
Download (669kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4183311053 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4183311053 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4183311053 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4183311053 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 4183311053 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4183311053 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4183311053 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4183311053 CHAPTER V.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4183311053 BIBLIOGRPAHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4183311053 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4183311053 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4183311053 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2022/2023, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar e-handout matematika berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1a) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional berdasarkan nilai dari validator berada dalam kategori valid dengan nilai rata-rata untuk materi adalah 3,41 dan nilai rata-rata untuk media adalah 3,28; (1b) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional termasuk dalam kategori sangat praktis dengan perolehan nilai respon guru sebesar 93% dan respon keseluruhan siswa sebesar 76,3%; (1c) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase 88.57%, ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran tiap indikator telah tercapai dan waktu pembelajaran yang tidak melebihi batas waktu pembelajaran dari biasanya; dan (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat, dilihat berdasarkan kemampuan pemecahan masalah masing-masing indikator yang telah mengalami peningkatan dan peningkatan nilai N-Gain dari pretest dan posttest yang diperoleh adalah 0,61 berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar E-handout, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Flip PDF Professional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65382 |