Kristiani, Eloninta (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EHANDOUT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311053 COVER.pdf
Download (101kB)
2. NIM 4183311053 APPROVAL SHEET.pdf
Download (297kB)
3. NIM 4183311053 ABSTACT.pdf
Download (110kB)
4. NIM 4183311053 PREFACE.pdf
Download (148kB)
5. NIM 4183311053 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (152kB)
6. NIM 4183311053 ILLUSTRATION.pdf
Download (106kB)
7. NIM 4183311053 TABLES.pdf
Download (107kB)
8. NIM 4183311053 APPENDICES.pdf
Download (108kB)
9. NIM 4183311053 CHAPTER I.pdf
Download (669kB)
10. NIM 4183311053 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4183311053 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 4183311053 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 4183311053 CHAPTER V.pdf
Download (108kB)
14. NIM 4183311053 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (255kB)
15. NIM 4183311053 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2022/2023, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar e-handout matematika berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1a) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional berdasarkan nilai dari validator berada dalam kategori valid dengan nilai rata-rata untuk materi adalah 3,41 dan nilai rata-rata untuk media adalah 3,28; (1b) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional termasuk dalam kategori sangat praktis dengan perolehan nilai respon guru sebesar 93% dan respon keseluruhan siswa sebesar 76,3%; (1c) Bahan ajar e-handout berbasis Problem Based Learning menggunakan Flip PDF Professional telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase 88.57%, ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran tiap indikator telah tercapai dan waktu pembelajaran yang tidak melebihi batas waktu pembelajaran dari biasanya; dan (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat, dilihat berdasarkan kemampuan pemecahan masalah masing-masing indikator yang telah mengalami peningkatan dan peningkatan nilai N-Gain dari pretest dan posttest yang diperoleh adalah 0,61 berada dalam kategori sedang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bahan Ajar E-handout, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Flip PDF Professional. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:42 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 09:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65382 |
