Simanullang, Cindy Meilini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAU KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VILL. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4181111006 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4181111006 COVER.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4181111006 APROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4181111006 APROVAL SHEET.pdf
Download (934kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4181111006 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4181111006 ABSTRACT.pdf
Download (532kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4181111006 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4181111006 PREFACE.pdf
Download (805kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4181111006 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4181111006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (712kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4181111006 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4181111006 ILLUSTRATION.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4181111006 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4181111006 TABLES.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4181111006 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4181111006 APPENDICES.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4181111006 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4181111006 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 10. NIM 4181111006 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4181111006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4181111006 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4181111006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 12. NIM 4181111006 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4181111006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4181111006 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4181111006 CHAPTER V.pdf
Download (448kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4181111006 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4181111006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 15. NIM 4181111006 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4181111006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi Articulate Storyline 3 yang valid, prak:tis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi materna tis siswa pada materiteorema pythagoras. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Doloksanggul yang betjumlah 30 orang siswa, Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket validasi materi, media, respon siswa, respon guru, dan lembar pretest & posttest tentang kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: diperoleh hasil dari validasi ahli materi dan ahli mediadengan persentase 95,3% dan 92,8% dan berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelaj aran dilihat melalui hasil angket respon siswa dan guru mata pelajaran matematika dengan persentase 87,65% dan 95.38% dimanapersentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa dengan persentase 93,3% dan 96,1% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa, basil yang diperoleh tingkat kemampuan komunikasi materna tis berada pada rata-rata persentase 81,91% berada pada kategori tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0.451 yang artinya te1jadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan kategori sedang. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, komunikasi matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65377 |