Situmorang, Yani Kartini (2023) ANALISIS KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4193331006 COVER.pdf
Download (127kB)
2 NIM 4193331006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (546kB)
3 NIM 4193331006 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
4 NIM 4193331006 PREFACE.pdf
Download (303kB)
5 NIM 4193331006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (171kB)
6 NIM 4193331006 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
7 NIM 4193331006 TABLES.pdf
Download (113kB)
8 NIM 4193331006 APPENDICES.pdf
Download (114kB)
9 NIM 4193331006 CHAPTER I.pdf
Download (387kB)
10 NIM 4193331006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (834kB)
11 NIM 4193331006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
12 NIM 4193331006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (772kB)
13 NIM 4193331006 CHAPTER V.pdf
Download (115kB)
14 NIM 4193331006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (356kB)
15 NIM 4193331006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, bertujuan untuk memperoleh instrumen tes kemampuan awal yang dapat mendukung ketercapaian tes evalusi hasil belajar pada masing-masing subpokok bahasan laju reaksi. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari instrumen tes skolastik sebanyak 20 butir soal yang meliputi penalaran verbal dan penalaran numerik dan instrumen tes evaluasi hasil belajar sebanyak 20 butir soal dengan metode pengembangan 4D yang disesuaikan dengan KGS yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Sampel diambil dalam penelitian ini adalah 6 orang validator ahli dan peserta didik sebanyak 36 orang untuk menguji kelayakan validitas isi dan validitas konstruksi dari instrumen tes yang dikembangkan. Dari hasil uji validitas isi, persentase rata-rata yang diperoleh terhadap aspek materi, aspek konstruksi, aspek bahasa, dan aturan tambahan berturut-turut adalah: 87,08%, 87,92%, 89,17%, dan 100%. Hasil uji validitas konstruksi, dari 20 soal tes skolastik yang diujikan terdapat 17 butir soal yang valid (tingkat validitas; 0,349 - 0,784) dan 18 butir soal yang valid (tingkat validitas; 0,336-0,778) dari 20 soal tes evaluasi hasil belajar yang diujikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan awal, Keterampilan Generik Sains (KGS), Laju Reaksi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:41 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 07:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65367 |
