Hutabarat, Sri Octavia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya) terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2183111036 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2183111036 COVER.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2183111036 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2183111036 APPROVAL SHEET.pdf
Download (350kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2183111036 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2183111036 ABSTRACT.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2183111036 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2183111036 PREFACE.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2183111036 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2183111036 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2183111036 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2183111036 LIST OF TABLE.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2183111036 LIST OF FIGURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2183111036 LIST OF FIGURE.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2183111036 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2183111036 APPENDICES.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2183111036 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2183111036 CHAPTER I.pdf
Download (645kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2183111036 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2183111036 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (830kB)
![[thumbnail of 11. NIM 2183111036 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2183111036 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (916kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2183111036 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2183111036 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 2183111036 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2183111036 CHAPTER V.pdf
Download (357kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2183111036 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2183111036 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 15. NIM 2183111036 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 2183111036 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kemampuan menulis teks
biografi siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan sebelum menggunakan
model pembelajaran peer teaching. (2) Mengetahui tingkat kemampuan menulis
teks biografi siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan setelah menggunakan
model pembelajaran peer teaching. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran
peer teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMK
Yapim Taruna Sei Rotan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK
Yapim Taruna Sei Rotan dengan sampel sebanyak 30 peserta didik dengan model
pembelajaran Peer Teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah struktur yang terdiri dari orientasi, kejadian penting, reorientasi, kemudian
kaidah kebahasaan yang terdiri dari kalimat kata ganti orang ketiga, kata kerja
tindakan, kata deskriptif, kata kerja pasif, kata kerja mental, kata sambung, dan
ejaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Data yang diperoleh
didapatkan dari penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan uji
persyaratan analisis, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian pada saat pre
test diperoleh rata-rata sebesar 61, dan termasuk kategori tidak baik. Sementara itu
nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran peer teaching adalah
79,5, dan masuk pada kategori cukup baik. Jadi persentasi peningkatan hasil
belajar sekitar 18,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran peer teachting berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan
menulis teks biografi siswa. Peningkatan ini juga dapat dibuktikan dari pengujian
hipotesis, Thitung > Ttabel yakni 7,58 > 2,048 yang membuktikan bahwa ada
pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan model pembelajaran peer
teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMK Yapim
Taruna Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; peer teaching; kemampuan menulis; teks biografi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:45 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65236 |