GULTOM, DANIEL RENEDY (2019) Pengaruh Model Pengelolaan Kelas Berbasis Kreativitas Terhadap Kualitas Proyek Siswa Dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5143131005 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5143131005 COVER.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5143131005 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5143131005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (632kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5143131005 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5143131005 ABSTRACT.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5143131005 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5143131005 PREFACE.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5143131005 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5143131005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5143131005 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5143131005 TABLES.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5143131005 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5143131005 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5143131005 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5143131005 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5143131005 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5143131005 CHAPTER I.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5143131005 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5143131005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (851kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5143131005 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5143131005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (849kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5143131005 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5143131005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (805kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5143131005 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5143131005 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5143131005 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5143131005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5143131005 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5143131005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proyek siswa dalam mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis kreativitas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TIPTL di SMKS Sinar Husni pada tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TIPTL SMKS Sinar Husni, dengan sampel kelas X TIPTL 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan X TIPTL 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Uji normalitas data digunakan chi kuadrat dan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) = 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas kontruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kualitas proyek siswa dalam mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas eksperimen yaitu 84,20 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 80,03. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig > 0,05 = 0,097 > 0,05. Artinya tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar dengan model pengelolaan kelas berbasis kreativitas tidak berbeda daripada kelas siswa yang diajar di bengkel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan Kelas Berbasis Kreativitas; Pekerjaan Dasar Elektromekanik; Kualitas Proyek |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65226 |