Sihotang, Aprina Enzel (2022) Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif dengan Menggunakan Model Reading Encoding Annotating Pondering Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2183311010 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2183311010 COVER.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2183311010 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2183311010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2183311010 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2183311010 ABSTRACT.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2183311010 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2183311010 PREFACE.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2183311010 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2183311010 LIST OF TABLE.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2183311010 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2183311010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2183311010 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2183311010 CHAPTER I.pdf
Download (629kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2183311010 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2183311010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (819kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2183311010 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2183311010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 2183311010 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2183311010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 2183311010 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2183311010 CHAPTER V.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2183311010 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2183311010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 13. NIM 2183311010 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2183311010 ENDCLOSURE.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis cerita
inspiratif sebelum menggunakan Model Reading Encoding Annotating Pondering
pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022 ; (2)
mengetahui kemampuan menulis cerita inspiratif setelah menggunakan Model
Reading Encoding Annotating Pondering pada siswa kelas IX SMP Negeri 6
Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022 ; (3) mengetahui kemampuan siswa dalam
menulis cerita inspiratif dengan menggunakan model Reading Encoding
Annotating Pondering lebih baik atau efektif dibandingkan menulis cerita
inspiratif
sebelum menggunakan Model Reading Encoding Annotating
Pondering.Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design
dengan one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX
SMP Negeri 6 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-K berjumlah
32 orang dengan pengambilan sampel secara porposive sampling. Hasil penelitian
ini dianalisis menggunakan analisis statistik desksriptif dan inferensial. Pengujian
hipotesis menunggunakan uji dua rata-rata. Nilai rata–rata pretest berjumlah 68,90
dan posttest berjumlah 68,90 atau menunjukkan selisih 9,43. Pengaruh model
Pengaruh metode permainan dan signifikansi uji hipotesis diketahui dengan rumus
ujit, penentuan ttabel menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan α =
0,05 dan db = n–1 = 32-1 = 31 diperoleh hasil t0,05 = 1,695. Hasil thitung =
11,9057 dan ttabel = 1,695 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Sehingga, thitung > ttabel atau 16,6275 > 1,695. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis cerita inspiratif dengan
menggunakan model Reading Encoding Annotating Pondering siswa kelas IX
SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model reading encoding annotating pondering; menulis; cerita inspiratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65202 |