Panjaitan, Putra Arjuna Sanjaya (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5121131008 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5121131008 COVER.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5121131008 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5121131008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (533kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5121131008 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5121131008 ABSTRACT.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5121131008 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5121131008 PREFACE.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5121131008 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5121131008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5121131008 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5121131008 TABLES.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5121131008 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5121131008 ILLUSTRATION.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5121131008 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5121131008 APPENDICES.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5121131008 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5121131008 CHAPTER I.pdf
Download (690kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5121131008 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5121131008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5121131008 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5121131008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5121131008 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5121131008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (967kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5121131008 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5121131008 CHAPTER V.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5121131008 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5121131008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5121131008 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5121131008 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori pada kompetensi Dasar listrik dan Elektronika di kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran tipe Jigsaw. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 (model pembelajaran koopertif tipe Jigsaw) dan kelas X TITL 2 (Pembelajaran ekspositori). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembalajaran Dasar Listrik dan Elektronika.Berdasarkan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, data yang digunakan uji persyaratan terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil postest kedua kelas tersebut, diperoleh data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa yang diajar pada hasil postest dengan menggunakan kooperatif tipe Jigsaw dengan rata-rata 82,40. Dari hasil pengolahan data postest diperoleh thitung = 13,22 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikan 5% , sehingga thitung> ttabel (13,22> 1,67). Maka H0 ditolak Ha diterima. Pokok pembahasan bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan hasil belajar pada pelajaran menggunakan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65165 |