WAHYUNI, SRI (2022) Desain Evaluasi Pembelajaran Alat Musik Ansambel Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizizz di MTS 2 Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2181142019 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2181142019 COVER.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2181142019 APPROVAL SHET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2181142019 APPROVAL SHET.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2181142019 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2181142019 ABSTRACT.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2181142019 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2181142019 PREFACE.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2181142019 TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2181142019 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2181142019 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2181142019 TABLES.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2181142019 ILLUSTRATIONS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2181142019 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2181142019 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2181142019 APPENDICES.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2181142019 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2181142019 CHAPTER I.pdf
Download (504kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2181142019 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2181142019 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 2181142019 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2181142019 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2181142019 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2181142019 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 13. NIM 2181142019 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2181142019 CHAPTER V.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2181142019 ENCLOUSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2181142019 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 14. NIM 2181142019 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2181142019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran alat musik
ansambel berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizizz di MTS 2 Negeri Medan.
Pembuatan evaluasi mengacu pada silabus (KD 3.3) yaitu konsep dasar permainan
alat musik sederhana secara perorangan dan (KD 3.4) yaitu konsep dasar
ansambel musik. Teori-teori yang digunakan dalam topik penelitian yaitu teori
desain, evaluasi pembelajaran, HOTS (Higher Order Thingking Skill) dan Quizizz.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif model
pengembangan Research and Development (R&D). Populasi pada penelitian
adalah seluruh siswa/i kelas VII 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan
data kualitatif meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi dan kuantitatif
meliputi instrumen penelitian yang menggunakan angket untuk validasi ahli
materi, media, dan uji pemakaian. Penelitian ini dilaksanakan di MTS 2 Negeri
Medan yang dilakukan pada tanggal 26 Maret 2022. Penelitian ini memakai skala
likert untuk menghitung rata-rata keseluruhan pada analisis data. Hasil penelitian
diketahui ada 6 tahapan dalam mendesain evaluasi pembelajaran Alat Musik
Ansambel berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizizz di MTS 2 Negeri Medan
terdiri dari (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan Informasi, (3) Desain
Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Pemakaian. Tahap validasi
desain melibatkan 1 validator ahli materi dan 1 validtor ahli media. Desain ini
mendapat skor 4.0 dengan kategori baik dari uji validasi ahli materi, skor 4.7
dengan kategori sangat baik dari uji validasi ahli media, dan skor 4,6 dengan
kategori sangat baik dari uji pemakaian. Skor tersebut membuktikan bahwa desain
evaluasi pembelajaran ini sangat baik dan layak untuk diterapkan, digunakan atau
dipakai dalam proses pembelajaran Seni Budaya khususnya bidang Seni Musik.
Desain evaluasi pembelajaran ini dibuat dalam bentuk soal berbasis HOTS yang
dimasukkan ke dalam aplikasi quizizz serta digunakan dengan jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Desain; Evaluasi Pembelajaran; Alat Musik Ansambel; HOTS; Aplikasi Quizizz |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65069 |