Rianti, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202411009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Cover.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 2202411009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Abstrak.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 2202411009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 2202411009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 2202411009_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 2202411009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_BAB_I.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 2202411009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (555kB)
![[thumbnail of 2202411009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (632kB)
![[thumbnail of 2202411009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_BAB_V.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 2202411009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 2202411009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang dalam menulis teks editorial dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori; (2) untuk menganalisis kemampuan siswa kelas
XII SMA Negeri 1 Ujung Padang dalam menulis teks editorial dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC); (3) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks editorial pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang yang berjumlah 159 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA-2 sebagai kelas kontrol
yang masing-masing berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah two group posttest design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk penugasan yang berupa posttest menulis sebuah teks editorial. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang dalam menulis teks editorial dengan
menggunakan metode pembelajaran ekspositori tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61,71 dan masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. 2) Kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang dalam menulis teks editorial dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 82,03 dan banyak siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Dengan demikian, dapat dikatakan temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks editorial. Berdasarkan uji t diperoleh pada nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=32, diperoleh ttabel= 2,03 dan thitung = 7,309. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu
7,309>2,03, sehingga ditolak dan diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks editorial pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative integrated reading and composition (CIRC), Menulis, Teks Editorial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64892 |