PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Sidauruk, Lami Karyani Dicsi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111031_Cover.pdf] Text
2203111031_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2203111031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 2203111031_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111031_Kata_Pengantar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2203111031_Abstrak.pdf] Text
2203111031_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2203111031_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111031_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2203111031_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111031_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2203111031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 2203111031_BAB_I.pdf] Text
2203111031_BAB_I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 2203111031_BAB_II.pdf] Text
2203111031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of 2203111031_BAB_III.pdf] Text
2203111031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[thumbnail of 2203111031_BAB_IV.pdf] Text
2203111031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111031_BAB_V.pdf] Text
2203111031_BAB_V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2203111031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 2203111031_Lampiran.pdf] Text
2203111031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dengan jumlah 182 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel terdiri dari 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu
kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen two group post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 72,57. 2) Kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan menggunakan model pembelajaran Time Token tergolong ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai siswa menggunakan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dibandingan nilai siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=33, diperoleh ttabel = 2,034 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,57 > 2,034, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Time Token, Berbicara, Teks Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:37
Last Modified: 08 Aug 2025 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64869

Actions (login required)

View Item
View Item