Br Gurusinga, Dita Ananda (2024) PENGARUH MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL,INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI KEHIDUPAN CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111002_Cover.pdf
Download (195kB)
2203111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (758kB)
2203111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (205kB)
2203111002_Abstrak.pdf
Download (136kB)
2203111002_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
2203111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (75kB)
2203111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
2203111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
2203111002_BAB_I.pdf
Download (323kB)
2203111002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (926kB)
2203111002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
2203111002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2203111002_BAB_V.pdf
Download (186kB)
2203111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (156kB)
2203111002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua dalam mengidentifikasi nilai kehidupan cerpen dengan menggunakan model konvensional; 2) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua dalam mengidentifikasi nilai kehidupan cerpen dengan menggunakan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual); 3) Pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan mengidentifikasi
nilai kehidupan cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 377 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 68 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 34 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk penugasan yang berupa post-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua dalam mengidentifikasi nilai kehidupan cerpen menggunakan model konvensional temasuk dalam
kategori baik yaitu mencapai nilai rata-rata 74,94. 2) Kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua dalam mengidentifikasi nilai kehidupan cerpen mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 91,17. Berdasarkan uji t diperoleh taraf signifikan α = 0,05 dan n = 34, diperoleh ttabel = 2,03 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 8,82 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan
mengidentifikasi nilai kehidupan cerpen siswa kelasw XI SMA Negeri 1 Deli Tua.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Mengidentifikasi, Nilai Kehidupan Cerpen, Model SAVI |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:59 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 04:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64825 |
