PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMPN 29 MEDAN

Simalango, Suciyanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMPN 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311015_Cover.pdf] Text
2203311015_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2203311015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311015_Abstrak.pdf] Text
2203311015_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2203311015_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311015_Kata_Pengantar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 2203311015_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311015_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2203311015_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311015_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2203311015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2203311015_BAB_I.pdf] Text
2203311015_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 2203311015_BAB_II.pdf] Text
2203311015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[thumbnail of 2203311015_BAB_III.pdf] Text
2203311015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of 2203311015_BAB_IV.pdf] Text
2203311015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311015_BAB_V.pdf] Text
2203311015_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2203311015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 247 orang. Sampel terdiri dari 61 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 31 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group pre-test post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VII SMPN 29 Medan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong kedalam kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 54,35. 2) Kemampuan menulis teks berita
pada siswa kelas VII SMPN 29 Medan dengan menggunakan model pembelajaran joyfull learning tergolong kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,83. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung =1,855. Setelah thitung diketahui, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk=30+31-2= 59, diperoleh ttabel = 1,671. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 1,855 > 1,671, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran joyfull learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 29 Medan Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Joyfull Learning; Menulis; Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:03
Last Modified: 31 Jul 2025 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64612

Actions (login required)

View Item
View Item