Br. Panjaitan, Eurica Imannuela Elfri (2024) PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203520001_Cover.pdf
Download (162kB)
7203520001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (687kB)
7203520001_Abstrak.pdf
Download (310kB)
7203520001_Kata_Pengantar.pdf
Download (336kB)
7203520001_Daftar_Isi.pdf
Download (204kB)
7203520001_Daftar_Tabel.pdf
Download (171kB)
7203520001_Daftar_Gambar.pdf
Download (169kB)
7203520001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
7203520001_BAB_I.pdf
Download (639kB)
7203520001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (874kB)
7203520001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
7203520001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (934kB)
7203520001_BAB_V.pdf
Download (196kB)
7203520001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (327kB)
7203520001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Aplikasi DANA adalah salah satu platform yang mendukung pembayaran non-tunai atau mobile payment. Kepuasan pengguna terhadap aplikasi ini sangat penting, karena dapat menjadi dasar penilaian untuk meningkatkan kualitas pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas informasi, kualitas layanan dan persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA, khususnya di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang menggunakan aplikasi DANA. Sampel diambil menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan perangkat lunak SmartPLS, mencakup uji Algoritma PLS, Bootstrapping, dan pengujian hipotesis berdasarkan nilai p-value dan tingkat signifikansi < 0,05. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,7. Dari data perhitungan, untuk hipotesis kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA. Kemudian untuk hipotesis kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA diperoleh p-value lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 (0,017 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA. Kemudian untuk hipotesis persepsi manfaat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,003 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Persepsi Manfaat, Kepuasan Pengguna |
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG4301 Trust services. Trust companies T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:35 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64569 |
