Sianipar, Yohana Hartati (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADA PKETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2193111017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Cover.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 2193111017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2193111017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 2193111017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Abstrak.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 2193111017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Daftar_Isi.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 2193111017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Daftar_Tabel.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 2193111017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Daftar_Gambar.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of 2193111017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of 2193111017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_BAB_I.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 2193111017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (996kB)
![[thumbnail of 2193111017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2193111017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2193111017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_BAB_V.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 2193111017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 2193111017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193111017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 35 Medan menggunakan model pembelajaran konvensional Direct Instruction (pembelajaran langsung); (2) Mengetahui
keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 35 Medan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning; (3) Mengetahui pengaruh perbedaan penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dan model pembelajaran Direct Instruction (pembelajaran langsung) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 35 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Two Group Post-test Design. Populasi penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas VIII SMPN 35 edan. Jumlah siswa kelas VIII SMPN 35 Medan Tahun Pembelajaran 023/2024 berjumlah 256 orang yang terbagi dalam 8 kelas. Dari 256 siswa tersebut, terpilih sampel penelitian yaitu kelas VIII-5 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol.Adapun instrumen yang diterapkan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi,
dan tes uraian objektif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis naskah drama siswa kelas eksperimen sebesar 81,44 berkategori baik,sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,06 berkategori cukup pada
keadaan tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75.Berdasarkan uji t diperoleh nilai tingkat signifikansi α= 0,05 dan n=32, diperoleh ttabel=2,039. Dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 10,174 > 2,039, maka hipotesis nihil H0 ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Hal ini membuktikan terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran konvensional Direct Instruction (pembelajaran langsung) dan model pembelajaran Circuit Learning terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 35 Medan. Artinya, model pembelajaran Circuit Learning lebih berpengaruh terhadap keterampilan siswa kelas VIII SMPN 35 Medan dalam menulis naskah drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Circuit Learning, Menulis Naskah Drama, SMPN 35 Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64541 |