Hutasoit, Rafelisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOMUNIKASI KERJA DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7201144005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Cover.pdf
Download (439kB)
![[thumbnail of 7201144005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7201144005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Abstrak.pdf
Download (871kB)
![[thumbnail of 7201144005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7201144005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Daftar_Isi.pdf
Download (796kB)
![[thumbnail of 7201144005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Daftar_Tabel.pdf
Download (445kB)
![[thumbnail of 7201144005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Daftar_Gambar.pdf
Download (441kB)
![[thumbnail of 7201144005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 7201144005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7201144005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7201144005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7201144005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7201144005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_BAB_V.pdf
Download (828kB)
![[thumbnail of 7201144005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (775kB)
![[thumbnail of 7201144005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201144005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Quick On The Draw terhadap hasil belajar komunikasi kerja kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan T.A 2024/2024.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini teridiri dari seluruh siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan T.A 2024/2025 yang berjumlah 205 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana kelas XI MPLB V sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dan XI MPLB IV sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, yaitu pre-test dan post-test sebanyak 25 soal. Sebelum diberikan kepada sampel utama, tes ini diuji terlebih dahulu untuk menilai validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik Analisa data meliputi perhitungan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen I, rata-rata nilai pre-test adalah 45,85 dan post-tes sebesar 86,14 setelah menerapkan model pembelajaran Student Achievement Division (STAD). Sementara pada kelas ekperimen II rata-rata nilai pre-test adalah 44,55 dan post-test sebesar 81,76. Dari hasil uji t diperoleh �ℎ����� sebesar 2,947 dan ������ sebesar 1,667 sehingga �ℎ�����>������ , yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) dan model pembelajaran Division Quick On The Draw terhadap hasil belajar komunikasi kerja siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan T.A 2024/2025
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Student Teams Achievement Division (STAD), Model Quick On The Draw, Hasil Belajar Komunikasi Kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64495 |