Rangkuti, Mutiara Salsabila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203311018_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Cover.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 2203311018_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203311018_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Abstrak.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 2203311018_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 2203311018_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 2203311018_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 2203311018_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 2203311018_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_BAB_I.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 2203311018_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203311018_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (643kB)
![[thumbnail of 2203311018_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203311018_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 2203311018_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 2203311018_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi; (2) Untuk menganalisis kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan setelah menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi; (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan berjumlah 255 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-4 yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis yang terbagi menjadi dua yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data dianalisis menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1)
Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi termasuk pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 60,16; (2) Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan
setelah menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 84,35. Dengan demikian dapat dikatakan nilai setelah menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi lebih tinggi dari sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi dengan dk = N-1=30, sehingga diperolehnilai ttabel sebesar 2,04. dengan demikian disimpulkan thitung>ttabel yakni 7,15>2,04 sehingga hipotesis nilai (H0) ditolak dan hiptesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media Prezi terhadap kemampuan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 29
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Media Prezi; Menulis; Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64474 |