Sitinjak, Rahel (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202411011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Cover.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 2202411011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (700kB)
![[thumbnail of 2202411011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Kata_Pengantar.pdf
Download (647kB)
![[thumbnail of 2202411011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Abstrak.pdf
Download (634kB)
![[thumbnail of 2202411011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Daftar_Isi.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 2202411011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Daftar_Tabel.pdf
Download (546kB)
![[thumbnail of 2202411011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Daftar_Gambar.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 2202411011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (545kB)
![[thumbnail of 2202411011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_BAB_I.pdf
Download (904kB)
![[thumbnail of 2202411011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2202411011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_BAB_V.pdf
Download (712kB)
![[thumbnail of 2202411011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (576kB)
![[thumbnail of 2202411011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411011_Lampiran.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar dalam menulis cerita pendek sebelum menggunakan model pembelajran treffinger, (2) Untuk menganalisis bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar dalam menulis cerita pendek sesudah menggunakan model pembelajran treffinger, (3) Untuk penganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Adapun jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mencakup seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang berjumlah sebanyak 429 orang
dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam mendukung penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji
homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ratarata keterampilan menulis cerita pendek pada siswa sebelum menggunakan model pembelajaran treffinger memiliki skor sebesar 54,22 dan tergolong dalam kategori kurang. Untuk nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran treffinger memperoleh skor sebesar 81,44 dan tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan Ttabel sebesar 2,02 dan hasil Thitung = 14,32. Maka Thitung >Ttabel yakni 14,32 > 2,02, sehingga h0 (hipotesis nihil) ditolak dan ha
(hipotesis alternatif) diterima. Secara keseluruhan dapat di tarik kesimpulan bahwa pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran treffinger berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Treffinger, Menulis, Cerita Pendek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:35 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64455 |