Savira, Amanda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203141007_Cover.pdf
Download (63kB)
4203141007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (166kB)
4203141007_Abstrak.pdf
Download (249kB)
4203141007_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
4203141007_Daftar_Isi.pdf
Download (200kB)
4203141007_BAB_I.pdf
Download (200kB)
4203141007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (466kB)
4203141007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
4203141007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
4203141007_BAB_V.pdf
Download (171kB)
4203141007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
4203141007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil dan aktivitas belajar pada materi sistem ekskresi di kalangan peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental murni (True Experimental). Desain penelitian yang diterapkan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa, yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling, menghasilkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar peserta didik, dimana kelas eksperimen menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rekapitulasi data aktivitas belajar peserta didik mengungkapkan adanya perbedaan aktivitas belajar antara kedua kelas tersebut. Aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen berada dalam kategori sangat tinggi, sementara aktivitas belajar di kelas kontrol berada dalam kategori tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 573.49 Sav p |
| Keywords: | Project based learning; Sistem ekskresi; Hasil belajar; Aktivitas peserta didik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:28 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 05:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64452 |
