PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Marpaung, Martha Juliana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411023_Cover.pdf] Text
2202411023_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2202411023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 2202411023_Abstrak.pdf] Text
2202411023_Abstrak.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2202411023_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411023_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 2202411023_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411023_Daftar_Isi.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2202411023_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411023_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2202411023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2202411023_BAB_I.pdf] Text
2202411023_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 2202411023_BAB_II.pdf] Text
2202411023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 2202411023_BAB_III.pdf] Text
2202411023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[thumbnail of 2202411023_BAB_IV.pdf] Text
2202411023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2202411023_BAB_V.pdf] Text
2202411023_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2202411023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 2202411023_Lampiran.pdf] Text
2202411023_Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Window Shopping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smas Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 106 orang. Sampel terdiri dari 70 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 35 orang dan kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group pre-test and post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun
Ajaran 2023/2024 tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Window Shopping tergolong kedalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 69,857. 2) Kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta
Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe window shopping tergolong kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85 Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=35, diperoleh ttabel = 2,030. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 6,414 > 2,030, sehingga
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe window shopping terhadap kemampuan
menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Swata Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Window Shopping; Menulis; Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:56
Last Modified: 28 Jul 2025 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64450

Actions (login required)

View Item
View Item