Marpaung, Martha Juliana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202411023_Cover.pdf
Download (41kB)
2202411023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (610kB)
2202411023_Abstrak.pdf
Download (153kB)
2202411023_Kata_Pengantar.pdf
Download (186kB)
2202411023_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
2202411023_Daftar_Tabel.pdf
Download (61kB)
2202411023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
2202411023_BAB_I.pdf
Download (316kB)
2202411023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
2202411023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (910kB)
2202411023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2202411023_BAB_V.pdf
Download (61kB)
2202411023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (91kB)
2202411023_Lampiran.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Window Shopping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smas Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 106 orang. Sampel terdiri dari 70 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 35 orang dan kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group pre-test and post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun
Ajaran 2023/2024 tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Window Shopping tergolong kedalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 69,857. 2) Kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta
Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe window shopping tergolong kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85 Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=35, diperoleh ttabel = 2,030. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 6,414 > 2,030, sehingga
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe window shopping terhadap kemampuan
menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Swata Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Window Shopping; Menulis; Teks Eksposisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:56 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64450 |
