PENGARUH METODE MENULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI

Sihombing, Maria (2024) PENGARUH METODE MENULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192411027_Cover.pdf] Text
2192411027_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2192411027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192411027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 2192411027_Abstrak.pdf] Text
2192411027_Abstrak.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 2192411027_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192411027_Kata_Pengantar.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 2192411027_Daftar_Isi.pdf] Text
2192411027_Daftar_Isi.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 2192411027_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192411027_Daftar_Tabel.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 2192411027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2192411027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 2192411027_BAB_I.pdf] Text
2192411027_BAB_I.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 2192411027_BAB_II.pdf] Text
2192411027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2192411027_BAB_III.pdf] Text
2192411027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2192411027_BAB_IV.pdf] Text
2192411027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2192411027_BAB_V.pdf] Text
2192411027_BAB_V.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 2192411027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192411027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 2192411027_Lampiran.pdf] Text
2192411027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penggunaan metode menulis berantai pada keterampilan menulis puisi siswa kelas
X SMA N 4 Binjai. Metode yang dihunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group posttest only design. Adapaun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai yang berjumlah 110 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, uji homegenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,57 berada pada kategori baik,
sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol pada nilai rata-rata 47,91 berada pada kategori sangat kurang. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata diketahui
bahwa kelas eksperimen lebih besar nilainya dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai 31,66%. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan di peroleh nilai pada taraf signifikan � = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,03 dan hasil thitung = 13,58.
Maka thitung ˃ ttabel yakni 13,58 > 2,03, sehingga ho (hipotesis nihil) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa
pengajaran dengan menggunakan metode menulis berantai berpengaruh positif terhadap hasil keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; Metode Menulis Berantai; Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:34
Last Modified: 28 Jul 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64442

Actions (login required)

View Item
View Item