Siahaan, Lastri Sintauli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP N 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202111007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Cover.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 2202111007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202111007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Abstrak.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 2202111007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 2202111007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Daftar_Isi.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 2202111007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 2202111007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 2202111007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_BAB_I.pdf
Download (385kB)
![[thumbnail of 2202111007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (849kB)
![[thumbnail of 2202111007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (537kB)
![[thumbnail of 2202111007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202111007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_BAB_V.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 2202111007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 2202111007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan siswa Kelas VIII SMP N 4 Medan dalam menyimpulkan isi teks persuasif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 332 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang, masing-masing 30 orang di kelas kontrol dan
30 orang di kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneltian eksperimen dengan tipe two group post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensionl berada pada kategori cukup dengan persentase 57% dari 30 siswa mendapat ratarata nilai 66 . 2) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif pada kelas eksperimen dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) berada pada kategori sangat baik dengan persentase 76% dari 30 siswa mendapat rata-rata nilai 84. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai
kemampuan siswa menyimpulkan isi teks persuasif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung = 7,70 dan t tabel = 2,045 sehingga diketahui jika t hitung > t tabel yakni 7,70 > 2,045 . Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berpengaruh pada kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif siswa kelas VIII SMP N 4 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | STAD; Menyimpulkan; Teks Persuasif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64435 |