PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP N 4 MEDAN

Siahaan, Lastri Sintauli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP N 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202111007_Cover.pdf] Text
2202111007_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2202111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202111007_Abstrak.pdf] Text
2202111007_Abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 2202111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2202111007_Daftar_Isi.pdf] Text
2202111007_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 2202111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 2202111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2202111007_BAB_I.pdf] Text
2202111007_BAB_I.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 2202111007_BAB_II.pdf] Text
2202111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[thumbnail of 2202111007_BAB_III.pdf] Text
2202111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[thumbnail of 2202111007_BAB_IV.pdf] Text
2202111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202111007_BAB_V.pdf] Text
2202111007_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2202111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 2202111007_Lampiran.pdf] Text
2202111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan siswa Kelas VIII SMP N 4 Medan dalam menyimpulkan isi teks persuasif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 332 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang, masing-masing 30 orang di kelas kontrol dan
30 orang di kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneltian eksperimen dengan tipe two group post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensionl berada pada kategori cukup dengan persentase 57% dari 30 siswa mendapat ratarata nilai 66 . 2) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif pada kelas eksperimen dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) berada pada kategori sangat baik dengan persentase 76% dari 30 siswa mendapat rata-rata nilai 84. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai
kemampuan siswa menyimpulkan isi teks persuasif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung = 7,70 dan t tabel = 2,045 sehingga diketahui jika t hitung > t tabel yakni 7,70 > 2,045 . Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berpengaruh pada kemampuan menyimpulkan isi teks persuasif siswa kelas VIII SMP N 4 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: STAD; Menyimpulkan; Teks Persuasif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:53
Last Modified: 28 Jul 2025 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64435

Actions (login required)

View Item
View Item