Khadijah, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202411012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Cover.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 2202411012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Abstrak.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 2202411012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Kata_Pengantar.pdf
Download (386kB)
![[thumbnail of 2202411012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Daftar_Isi.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of 2202411012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (456kB)
![[thumbnail of 2202411012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_BAB_I.pdf
Download (624kB)
![[thumbnail of 2202411012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2202411012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_BAB_V.pdf
Download (376kB)
![[thumbnail of 2202411012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 2202411012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yakni kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan dalam memahami teks cerita fabel masih rendah terkhusus dalam menentukan unsur-unsur intrinsik teks fabel. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik fabel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Control Two Group design . Sampel pada penelitian ini ada dua kelas yakni kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-3 kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini dua diberikan perlakuan bebeda. kelas eksperimen menggunakan Model DRTA sedangkan kelas kontrol model pembelajaran Ekspositori . Setelah diberikan perlakuan kedua kelas diberi tes akhir untuk mengetahui nilai kedua kelas. Instrumen penelitian ini yakni lembar tes pilihan berganda 20 soal (Post-test), observasi, wawancara dan lembar aktivitas
guru. Adapun hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan menentukan unsur intrinsik fabel menggunakan Model DRTA sebesar 80,16. Sedangkan yang tanpa DRTA atau menggunakan model Ekspositori sebesar 61,83. Selain itu hasil perhitungan uji t juga menunjukan 6,138 > 2,001. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran DRTA terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik fabel siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Unsur intrinsik teks fabel; DRTA; Post-test Control Two Group Design |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64431 |